Rabu, 06 Maret 2013

TUGAS-TUGAS PENGANTAR GEOFISIKA UNHAS 2013

 Tugas dan Soal-soal latihan
Pengantar Geofisika
A. Bab I:
1.   Pengertian dari:
a.    Ada 2 pengertian Geology, yaitu:
Ø Geologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masa sekarang atau masa lampau dari bentuk-bentuk morfologi, struktur bumi, lingkungan dan kehidupan fosil yang terdapat pada batuan. Bidang utama yang dipelajari adalah semua jenis batuan, tanah dan air dalam tanah/batuan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Ø Kata Geologi berasal dari kata Yunani, geos berarti bumi dan logos yang berarti ilmu. Jadi Geologi adalah Ilmu yang mempelajari material bumi secara menyeluruh, termasuk asal mula, struktur, penyusun kerak bumi, proses-proses yang berlangsung selama dan atau setelah pembentukannya, dan yang sedang berlangsung, hingga menjadikan keadaan bumi seperti saat ini.
b.   Geofisika adalah Bagian  dari ilmu bumi yang mempelajari bumi, bulan dan planet di alam semesta dengan menggunakan penerapan prinsip-prinsip fisika untuk menyelidiki parameter-parameter fisika yang ada di dalam bumi, bulan dan planet.
c.    Kata Geografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu geo (bumi) dan graphein (pencitraan). Jadi, Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atau fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.
d.   Geodesi adalah studi tentang pengukuran bentuk dan ukuran bumi termasuk berat dan kepadatannya. Dalam prakteknya geodesi mengadakan pengamatan dan pengukuran secara teliti untuk menentukan posisi titik pada permukaan bumi untuk dipetakan (dibuat peta).
e.    Geokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang jumlah dan distributor unsure kimia dalam mineral, bijih, batuan, tanah, air, dan atmosfir.
f.    Oceanologi berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti  laut  dan  logos yang berarti ilmu. Oceanologi biasa juga disebut oseanografi atau gambaran/deskripsi lautan). Jadi, Oceanologi adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan.
g.   Geomorfologi berasal dari bahasa yunani kuno yang terdiri dari tiga akar kata, yaitu geo artinya bumi, morphe artinya bentuk atau tukstur dan logos artinya ilmu, sehingga kata merfologi dapat didefenisikan sebagai ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi. Jadi, geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses terbentuknya bumi secara keseluruhan.

2.   Secara umum, metode geofisika dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a.    Metode pasif dilakukan dengan mengukur medan alami yang dipancarkan oleh bumi. Medan alami yang dimaksud disini misalnya radiasi gelombang gempa bumi, medan gravitasi bumi, medan magnetik bumi, medan listrik dan elektromagnetik bumi serta radiasi radioaktivitas bumi.
b.   Metode aktif dilakukan dengan membuat medan gangguan kemudian mengukur respons yang dilakukan oleh bumi. Medan buatan dapat berupa ledakan dinamit, pemberian arus listrik ke dalam tanah, pengiriman sinyal radar dan lain sebagainya.

3.   Metode Inversi adalah salah satu metode yang digunakan dalam eksperimen geofisika. Metode ini digunakan dengan mengetahui hubungan antara sifat fisis batuan dan data observasinya. Penghubung dari kedua parameter ini burupa medel metematika. Melalui medel matematika tersebut, dapat dilakukan pengekstrakan perameter fisis batuan dari data observasi.
4.   Cakupan geofisika antara lain sebagai berikut:
a.    Susunan interior bumi dapat diketahui berdasarkan dari sifat-sifat fisika bumi (geofisika). Sebagaimana kita ketahui bahwa bumi mempunyai sifat-sifat fisik seperti misalnya gaya tarik (gravitasi), kemagnetan, kelistrikan, merambatkan gelombang (seismik), dan sifat fisika lainnya.   
b.   Seismologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu seismos yang berarti getaran atau goncangan dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. Orang Yunani menyebut gempa bumi dengan kata-kata seismos tes ges yang berarti Bumi bergoncang atau bergetar. Dengan demikian, secara sederhana pengertian seismologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari gempa bumi. Tetapi karena perkembangan dari dari pengetahuan dan teknologi , seismologi telah tumbuh menjadi sangat luas dengan bertambahnya beberapa cabang lain maka pengertian dari seismologi adalah ilmu yang mempelajari gempa bumi dan getaran tanah lainnya.
c.    Vulcanology dan Geotermal:
Ø Vulcanology berasal dari bahasa latin yang terdiri dari dau kata, yaitu Vulcano (gunung api) dan logos yang artinya ilmu. Jadi, pengertian dari Vulcanology adalah salah satu cabang ilmu bumi yang mempelajari gunung api atau gunung yang dibentuk oleh akumulasi material-material bahan erupsi dan atau lelehan yang keluar dari dalam bumi melalui suatu pipa (‘vent’).
Ø Geotermal adalah energy panas yang terbentuk secara alami dibawah permukaan bumi.
d.   Hidrology adalah suatu ilmu yang mempelajari air dibumi, kejadian, sirkulasi dan distribusi, sifat-sifat kimia dan fisika dan reaksinya dengan lingkungan, termasuk hubungannya dengan mahkluk hidup.
e.    Oceanografy adalah ilmu atau studi dan penjajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai samudra/laut dan sagala fenomena yang berkaitan dengan laut
f.    Geomegnetisme atau matode geomagnet adalah salah satu cara yang digunakan untuk menyelidiki kondisi permukaan bumi dengan sifat memanfaatkan sifat kemagnetan batuan yang diidentifikasikan oleh kerentanan megnet batuan.
g.   Geodesi adalah studi tentang pengukuran bentuk dan ukuran bumi termasuk berat dan kepadatannya. Dalam prakteknya geodesi mengadakan pengamatan dan pengukuran secara teliti untuk menentukan posisi titik pada permukaan bumi untuk dipetakan (dibuat peta).
h.   Geodinamika berasal dari dua kata, yaitu Geo (bumi) dan Dinamika (tenaga kekuatan, selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri secara memadai terhadap keadaan). Jadi, geodinamika adalah suatu keadaan dimana bumi dapat berinteraksi dengan keadaan diskitarnya sehingga mampuh menjaga keseimbangan, berhubungan dengan perubahan keadaan.
i.     Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh diluar angkasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar